Senin, 22 Oktober 2012

CARA MENGGUNAKAN EASY WORSHIP 2009

Easyworship [EW] adalah sebuah program penampil syair lagu untuk keperluan kebaktian. Ada tiga komponen yang paling penting dalam EW, yaitu syair [teks], gambar [image] dan video. Ketiganya disimpan di dalam database EW. Dengan memiliki database yang lengkap, maka tampilan EW dapat dibuat dengan mudah dan cepat karena cukup memilih dan mengurutkan syair lagu yang sudah tersimpan dalam database. Urut-urutan lagu ini disebut schedulle.
Keunikan EW yang lain adalah penggunaan sistem monitor ganda yang berbeda. Hal ini berbeda dengan Powerpoint. Ketika menggunakan powerpoint, kita akan melihat bahwa tampilan yang ada di layar komputer operator sama persis dengan tampilan layar proyeksi. Akan tetapi, di dalam EW, tampilan layar komputer operator berbeda dengan layar proyeksi. Layar komputer operator menampilkan berbagai control panel untuk mengatur tampilan, sementara layar proyeksi hanya menampilkan hasil dari pengaturan tampilan tersebut.
Antar Muka EW
Saat menggunakan EW, maka kita akan melihat tampilan layar sebagai berikut:
Screenshoot
Toolbar: adalah alat-alat dasar yang dimiliki oleh EW. Berikut ini toolbar yang perlu diketahui oleh operator:
New: Untuk membuat schedulle baru
Open: Untuk membuka dokumen schedulle yang sudah dibuat
Save: Untuk menyimpan schedule
New Song: Membuat lirik/syair baru
Edit Song: Mengubah lirik/syair yang sudah dibuat.
Schedulle: adalah urut-urutan lagu yang akan ditampilkan
Preview: Jika Anda mengklik salah satu lagu pada schedulle, maka lagu tersebut akan ditampilkan pada layar pratayang [preview] di bagian tengah. Ada dua bagian. Bagian atas menampilkan syair secara keseluruhan, biasanya terdiri dari beberapa bait dan refrein. Jika Anda mengeklik salah satu bait, maka akan ditampilkan pada layar di bawahnya, lengkap dengan backgroundnya.
Tombol tayang: Lagu yang ada di layar preview belum dapat dilihat di layar proyeksi. Supaya bisa dilihat oleh jemaat, maka Anda harus mengeklik tombol “Go Live.” Pada saat itu, isi syair tersebut akan ditampilkan pada layar tayang [Output View] yang ada di sebelah kanan.
Output View: adalah layar yang menampilkan syair lagu yang sedang dilihat oleh jemaat. Layar ini mirip sekali dengan Preview. Pada bagian atas, ditampilkan syair lagu secara keseleuruhan yang dibagi dalam beberapa bait dan refrein. Jika Anda mengeklik bait tertentu, maka hasilnya akan ditampilkan pada layar di bawahnya, lengkap dengan background. Berbeda dengan preview, pada layar output ini tampilan syair lagu dan backgroundnya akan dapat dilihat oleh jemaat.
Clear: Tombol untuk menyembunyikan syair lagu.
Black: Tombol untuk menampilkan layar hitam.

-->Semoga bisa membantu

Thanks GodBless....



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar